Minggu, 09 Oktober 2011

Sistem Informasi Manajemen

Sistem Informasi Manajemen memiliki definisi sebagai berikut :
  • Sistem  merupakan sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
  • Informasi merupakan data yang telah diolah / memiliki arti.
  • Manajemen merupakan kumpulan aktivitas (Planning, Organazing, Commanding, Coordinating, dan Controlling) => Henry Fayol.
Adapun fungsi dari Manajemen itu sendiri menurut Mintzberg dapat diuraikan  sebagai berikut : 
  1. Interpersonal Roles
    Peran hubungan personal dapat terdiri dari :
    • Figurhead : manajer mewakili organisasi untuk kegiatan-kegiatan diluar organisasi.
    • Leader : manajer mengkoordinasi, mengendalikan, memotivasi, dan mendukung bawahan-
      bawahannya.
    • Liaison : : manajer menghubungkan personal-personal di semua tingkatan manajemen.
     
  2. Informational Roles
    Peran Informational Roles dapat terdiri dari :
    • Monitor : Mengumpulkan sumber info dari dalam dan luar organisasi.
    • Disseminator : Penyebaran informasi plus budaya organisasi kebawah.
    • Spokesperson : Komunikasi tentang organisasi ke dunia luar.
  3. Decisional Roles
    Peran Decisional Roles dapat terdiri dari :
    • Enterpreneur : Desain dan memulai perubahan pada organisasi.
    • Disturbance Handler : Penanganan kekacauan dan kegagalan organisasi.
    • Resource Allocator : kontrol dan memberikan kewenangan penggunaan sumber daya organisasi.
    • Negotiator : Negosiasi dengan pihak dalam atau luar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar