Minggu, 25 Maret 2012

Resume : Struktur Pasar

=> Pasar merupakan suatu tempat transaksi jual beli suatu barang atau jasa antara penjual dan pembeli.
=> Struktur pasar adalah penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri.
=> Jenis struktur pasar :
  • Pasar persaingan sempurnaIni merupakan struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak.
    Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah:
    a.    Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak.
    b.    Produk/barang yang diperdagangkan serba sama (homogen).
    c.    Konsumen memahami sepenuhnya keadaan pasar.
    d.   Tidak ada hambatan untuk keluar/masuk bagi setiap penjual.
    e.    Pemerintah tidak campur tangan dalam proses pembentukan harga.
    f.     Penjual atau produsen hanya berperan sebagai price taker (pengambil harga/ada proses tawar-menawar).
  • Pasar persaingan tidak sempurna
    1. Pasar Monopoli adalah struktur pasar yang ditandai oleh adanya seorang produsen tunggal. 
    2. Pasar Monopolistik adalah struktur pasar yang sangat mirip dengan persaingan sempurna tetapi pada pasar monopolistik para produsen menghasilkan atau menjual barang yang berbeda corak atau keunggulan. 
    3. Pasar Oligopoli adalah struktur pasar di mana hanya ada sejumlah kecil perusahaan yang memproduksi hampir semua output industri dan mempunyai keputusan yang saling mempengaruhi.
      Pasar Oligopoli dibedakan menjadi 2 jenis yaitu
      Pasar oligopoli murni (pure oligopoly) dan Pasar oligopoli dengan pembedaan (differentiated oligopoly).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar