Minggu, 06 Januari 2013

Proposal Penelitian Ilmiah



FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS GUNADARMA
 

PROPOSAL PENELITIAN ILMIAH
“PEMBUATAN WEBSITE MENGGUNAKAN
MACROMEDIA DREAMWEAVER 8”

NAMA : EKA WAHYUNINGSIH
NPM : 12110299
JURUSAN : SISTEM INFORMASI


 



BAB I         PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan berkembangnya teknologi di era globalisasi ini, kebutuhan akan penggunaan internet sangat meningkat. Selain mempermudahkan pemakai dalam mencari informasi, dapat juga sebagai alat promosi yang cukup efektif bagi para pengusaha. Karena dengan mempromosikan barang atau jasanya melalui sarana internet khususnya web dapat memperkenalkan ke dunia luar tanpa harus keliling dunia.
Bidang pemasaran merupakan hal yang cukup penting dan perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan, karena dari segi pemasaran perusahaan dapat mengetahui sejauh mana produk yang mereka hasilkan dapat diterima dan bersaing dipasaran, karena website menjadi salah satu alat promosi yang efektif dan efisien bagi perkembangan usaha itu sendiri. Dalam memperkenalkan usaha dan jenis-jenis produk yang dihasilkannya.
1.2 Rumusan Masalah
Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ilmiah ini adalah : 
a.       Pengenalan tentang Dreamweaver, Apa itu Macromedia Dreamweaver  8 ? 
b.      Apa keunggulan Macromedia Dreamweaver 8 dibanding dengan program sejenisnya ? 
c.       Bagaimana membuat sebuah website menggunakan Macromedia Dreamweaver ?
 
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan proposal penelitian ilmiah ini adalah :
  •          Untuk dapat memperoleh gambaran mengenai proses pembuatan suatu website.
  •          Dapat menjadi sarana untuk memperluas jangkauan pemasaran.
  •          Dapat mendesain web yang menarik agar para pemakai tidak jenuh dengan web yang kita desain.
1.4 Manfaat
Manfaat pembuatan website adalah :
  •          Sebagai media promosi tanpa dibatasi waktu, karena website bekerja 24 jam non-stop untuk mempresentasikan usaha.
  •          Untuk memperluas jangkauan usaha yang kita buat.
1.5 Sistematika Penulisan
BAB I : PENDAHULUAN
Pada bab ini menguraikan tentang latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat, dan sistematika penulisan.
BAB II : LANDASAN TEORI
Pada bab ini menguraikan tentang teori-teori yang mendukung atau berhubungan dengan penulisan ilmiah ini dan ruang lingkup tentang internet, Macromedia Dreamweaver, HTML,dan Javascript.
BAB III : ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Di dalam bab ini dijelaskan analisa masalah, proses desain web dengan Dreamweaver, struktur navigasi web, hasil akhir berupa tampilan output dari web yang dikerjakan dalam penulisan ilmiah ini dan pengujian website, serta tentang publikasi website.
BAB IV : PENUTUP
Pada bab ini merupakan penutup dari penulisan ilmiah yang berisi kesimpulan, saran, dan daftar pustaka.


BAB II       LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian Internet
Internet memiliki arti pemahaman yang cukup luas dimana kata internet itu sendiri merupakan singkatan kata dari interconnection-networking, bila dijabarkan secara sistem global maka internet merupakan jaringan komputer diseluruh penjuru dunia yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP / IP) sehingga antara komputer dapat saling mengakses informasi dan bertukar data. Internet mencakup segala sesuatu secara luas baik itu dalam bidang komputerisasi maupun telekomunikasi.
2.2 Macromedia Dreamweaver
Dreamweaver adalah sebuah software HTML editor profesional yang digunakan untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver membuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tools yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.
2.3 HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
2.4 Javascript
Javascript adalah bahasa pemrograman yang sederhana karena bahasa ini tidak dapat digunakan untuk membuat aplikasi ataupun applet. Dengan javascript, kita dapat dengan mudah membuat sebuah halaman web yang interaktif (Hardjono, 2006).


BAB III      ANALISIS DAN PEMBAHASAN
3.1 Pengertian Dreamweaver
Dreamweaver adalah sebuah software HTML editor profesional yang digunakan untuk mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing, Dreamweaver membuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tools yang sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain web.

Dreamweaver 8 Dalam hal ini digunakan untuk web desain. Dreamweaver 8 mengikutsertakan banyak tools untuk kode-kode dalam halaman web beserta fasilitas-fasilitasnya, antara lain : Referensi HTML, CSS dan Javascript, Javascript debugger, dan editor kode ( tampilan kode dan Code inspector) yang mengizinkan kita mengedit kode Javascript, XML, dan dokumen teks lain secara langsung dalam Dreamweaver.

Teknologi Dreamweaver Roundtrip HTML Mampu mengimpor dokumen HTML tanpa perlu memformat ulang kode tersebut dan kita dapat menggunakan Dreamweaver pula untuk membersihkan dan memformat ulang HTML bila kita menginginkannya. Selain itu Dreamweaver juga dilengkapi kemampuan manajemen situs, yang memudahkan kita mengelola keseluruhan elemen yang ada dalam situs. Kita juga dapat melakukan evaluasi situs dengan melakukan pengecekan broken link, kompatibilitas browser, maupun perkiraan waktu download halaman web.

3.2 Keunggulan Macromedia Dreamweaver
Dreamweaver mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan program sejenisnya. Keunggulan dari Dreamweaver diantaranya adalah sebagai berikut :
a.    Dreamweaver mempunyai ruang kerja, fasilitas dan kemampuan yang mampu meningkatkan produktifitas dan efektifitas dalam desain maupun membangun suatu situs web.
b.    Fasilitas penyuntingan secara visual dari Dreamweaver memungkinkan untuk menambah desain dan fungsionalitas halaman-halaman web.
c.    Pada Dreamweaver 8 terdapat beberapa kemampuan bukan hanya sebagai software untuk mendesain web saja, tetapi juga untuk menyunting kode serta pembuatan aplikasi web, antara lain JPS, PHP, ASP, dan ColdFusion.
d.   Lebih mudah dan cepat dalam mendesain web karena tidak perlu menuliskan tag-tag html.
Ada beberapa tambahan menu / fitur pada bagian application, yaitu XSL Transformation. Bagian icon design juga ada menu PHP, isinya berupa menu include, echo, Form Variables, Url Variables, IF n Else dan lain sebagainya yang mendasar tentang PHP.
Pada bagian codingdipermudah dengan penulisan tag </> ,misalnya pada saat kita mengetik <body>, lalu kita ketik lagi </... maka secara otomatis Dreamweaver menambahkannya menjadi </body> ,penambahan sesuai dengan tag sebelumnya.Selain itu ada pula autocomplete yang cukup lengkap, ada referensi syntax html, css, php, java script, dan sebagainya.Find dan Replace yang canggih, banyak filternya yang memiliki fitur semacam validator dan fitur link checker yang memudahkan kita mencari broken link, manajemen file website yang bagus (site manager) dapat untuk snippet dan fungsi css nya yang jauh terorganisir dibandingkan dengan mx 2004. Mx 2004 biasanya akan memberi in-line jika Dreamweaver 8 diletakkan di head.
 

3.3 Cara membuat website menggunakan Macromedia Dreamweaver 8
Untuk membuat sebuah website dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya saja menggunakan aplikasi Wysiwyg Web Builder, Macromedia Dreamweaver, Adobe Dreamweaver CS5, XAMPP, Joomla dan aplikasi lainnya yang berbasis php, html ataupun aplikasi online seperti www.wix.com. Namun dalam penelitian ini saya menuliskan sekilas tentang cara pembuatan website menggunakan Macromedia Dreamweaver 8.
Berikut langkah-langkah dalam pembuatan website menggunakan Macromedia Dreamweaver 8 :
1.      Silahkan jalankan program Macromedia Dreamweaver yang telah di instal.
2.      Pada menu utama, pilih File à New, maka akan muncul tampilan pilihan jenis dokumen baru yang ingin kita buat. Maksudnya adalah kita memilih apakah ingin membuat halaman web basic (statis), web dinamis (biasanya untuk web berbasis database), halaman template, dan lain-lain. Setiap kategori terdiri dari beberapa jenis dokumen. Jenis ini dibedakan berdasarkan bahasa dan fungsi yang akan digunakan untuk halaman website yang akan dibuat. Untuk memulainya kita dapat mencoba belajar yang dasar terlebih dahulu, maka silahkan pilih kategori Basic Page dan jenisnya HTML.

3.      Tampilan layar desain Macromedia Dreamweaver terdiri dari 3 jenis, yaitu code, split, dan design.

·    Layar Code berfungsi sebagai tempat membuat halaman web dengan mengetik bahasa pemrograman secara langsung. Artinya, layar inilah yang menampilkan struktur bahasa pemrograman web yang dipakai dalam halaman web yang sedang dibuat.
·       Layar design berfungsi membuat website dengan menggunakan menu-menu yang tersedia, misalnya menu menambahkan gambar, menu table, mengatur tulisan dan lain-lain. Kita tidak perlu mengetik bahasa pemrograman halaman web yang kita buat karena secara otomatis setiap kita menambahkan sebuah elemen, maka dreamweaver akan menerjemahkannya ke dalam kalimat-kalimat bahasa pemrograman yang kita gunakan.
·       Layar split berguna untuk membagi halaman kerja Dreamweaver menjadi 2, separuh untuk menampilkan layar code, dan separuh lagi menampilakn layar design. Hal ini berguna jika kita ingin mendesain halaman melalui layar design namun ingin melihat perubahan kode bahasa web nya, dan juga sebaliknya. Jika masuk ke dalam layar code, kita akan melihat struktur HTML sebagai contoh struktur :
 <title>Untitled Document</title>
Dimana struktur tersebut berfungsi untuk mendefinisikan judul halaman web kita yang akan muncul di title bar browser.
4.  Dibagian kiri atas dibawah menu file terdapat menu dropdown yang terdiri dari beberapa pilihan. Pilihan ini berguna untuk memilik menu-menu desain yang akan kita gunakan. Misalnya kita ingin menambah gambar, maka pilih Common, maka disebelah kanannya akan muncul menu-menu bergambar yang bisa kita gunakan, salah stunya untuk memasukkan gambar ke halaman website.

5.    Setelah itu coba kita masuk ke layar design seperti yang telah dijelaskan pada poin ke 3. Setelah memilih bagian tersebut, dibagian bawah akan terlihat bagian Properties. Bagian ini berfungsi untuk mengatur tampilan dari elemen-elemen yang kita tambahkan ke dalam halaman web yang kita buat. Menu-menu properties ini hanya terlihat jika kita bekerja pada layar design.
 

6.   Dibagian samping, terdapat pula bagian yang bernama Panel. Salah satu fungsi panel adalah untuk mengatur file-file web yang telah kita buat.
 

7.  Dibagian atas tepatnya disamping menu pilihan layar, terdapat kotak isisan bernama Title. Bagian ini berfungsi untuk memberikan judul halaman web yang sedang kita buat yang akan muncul pada title bar browser.
 

Dari beberapa langkah dalam pembuatan website menggunakan Macromedia Dreamweaver tersebut terlihat sangat mudah dan tidak sulit untuk di mengerti sehingga memungkinkan banyak pada pengusaha menggunakan Dreamweaver sebagai program pembuatan website nya dalam memperluas usaha mereka.
 


BAB IV                PENUTUP

4.1 Kesimpulan
Untuk mengembangkan sebuah usaha, atau mempromosikan sebuah produk dengan mudah ke seluruh bagian dunia dapat dilakukan dengan menggunakan website tanpa perlu keliling dunia terlebih dahulu. Dreamweaver merupakan salah satu program pembuatan website yang sangat mudah, sederhana dan desainnya pun dapat dibuat semenarik mungkin sesuai kebutuhan dan keinginan pengguna.
4.2 Saran
Buatlah website dengan menggunakan desain dan bahasa yang sesuai dengan tema website yang anda buat agar pengunjung yang mengunjungi website anda merasa nyaman dan tertarik dengann apa yang anda promosikan di website anda.

DAFTAR PUSTAKA


http://ayti-copast.blogspot.com/2012/10/tutorial-cara-membuat-web-design-dengan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar