Sabtu, 29 Juni 2013

Tugas Bahasa Indonesia ke-4



BERBAHASA SESUAI DENGAN RANAH PEMAKAIANNYA

Fungsi utama bahasa adalah sebagai alat komunikasi manusia, baik lisan maupun tulisan. Sehingga bahasa menjadi suatu kebutuhan penting yang tidak dapat ditinggalkan dalam kehidupan kita sebagai pengguna bahasa.

Seiring dengan perkembangan zaman, pesatnya kemajuan teknologi dan informasi maka terjadi berbagai perubahan dalam kehidupan masyarakat. Yaitu perubahan pola hidup dan fikir manusia yang membentuk masyarakat tradisional menjadi masyarakat modern. Masyarakat ini mempunyai karakteristik yang maju, terbuka terhadap ilmu pengetahuan, pembaharuan dan lain sebagainya. Hal ini memberikan dampak positif pada perkembangan bahasa Indonesia untuk lebih luas, dengan adanya berbagai macam penelitian dan pengajian lebih dalam terhadap bahasa Indonesia serta pengajaran bahasa yang menyeluruh pada masyarakat. Namun di sisi lain, pola hidup masyarakat modern di Indonesia memberi pengaruh negatif terhadap kelestarian bahasa pertiwi tersebut, yang pada akirnya hal ini dapat merusak bahkan mengakibatkan kepunahan bahasa.

Kini di Indonesia, penggunaan bahasa hampir tidak sesuai dengan ranah pemakaiannya. Seringkali masyarakat mencampurnya dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris. Misalnya di acara program televisi, artis-artis yang diinterview seringkali memadukan antara bahasa asing dengan bahasa indonesia dan terkadang bahasa prokem juga digunakan sehingga masyarakat pun banyak yang mengikuti gaya bicara seperti artis tersebut. Banyak juga terjadi pada anak-anak yang menggunakan bahasa prokem sebagai bahasa sehari-hari akibat acara-acara televisi yang terkadang tidak mendidik sehingga terjadi bergesernya tata krama antar orang tua dan anak. Terlebih lagi bahasa daerah kini semakin bergeser dan hampir tidak digunakan lagi, karena terlalu seringnya menyaksikan tayangan-tayangan kurang mendidik dan lingkungan sekitar disini lah peran pendidik dan orangtua mengajarkan kepada anak untuk berbahasa sesuai dengan ranah pemakaiannya. Ajarkan bahasa daerah dan bahasa Indonesia yang baik dan benar namun seimbang dengan tata krama.

1 komentar:

  1. Iron & Steel Watch - TITIAN ARTIST
    Iron & Steel titanium for sale Watch - TITIAN ARTIST - This watch uses a standard 벳 365 silver stainless ford fusion hybrid titanium steel 룰렛 case, and features iron-coated black plated handle. Perfect for watches rainbow titanium

    BalasHapus