Kamis, 27 September 2012

Pemanfaatan Grafik Komputer Dan Pengolahan Citra Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pada dasarnya Grafik dan Citra memiliki arti yang sama yaitu gambar, namun masing-masing memiliki perbedaan. Dan kini secara sadar atau tidaknya kita telah ketahui bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari grafik komputer, karna grafik komputer yang memiliki banyak kegunaan dan manfaat. Grafik komputer adalah ilmu yang sangat cepat berkembang pada saat ini. Perkembangan ini di dukung oleh munculnya prosesor-prosesor komputer yang cepat dan kartu grafik yang semakin canggih dan hebat.

Grafik komputer adalah salah satu cabang disiplin ilmu informatika yang mempelajari pembuatan gambar dengan menggunakan komputer atau software. Perbedaan antara grafik komputer dan pengolahan citra adalah, dalam pengolahan citra, gambar input kedalam proses pengolahan citra sudah tersedia, sedangkan pada grafik komputer, perlu dilakukan proses untuk menciptakan gambar dari awal.

Mengingat pesatnya perkembangan dalam dunia digital, grafik komputer memiliki peran yang sangat berpengaruh sekali, misalnya seperti pembuatan film-film animasi. Berikut adalah beberapa manfaat grafik komputer dalam kehidupan sehari-hari :
  1. Bidang Hiburan
    Pada saat ini semua acara hiburan di TV banyak menggunakan grafik komputer dalam pembuatannya. Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film menjadi semakin menarik.
  2. Bidang Perancangan
    Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat. Terutama dalam bidang arsitektur sering digunakan sebuah software desain grafis seperti auto cad, dan 3D Max yang digunakan untuk pengolahan gambar dan tata letak sehingga dapat memudahkan kita dalam membangun suatu proyek tata bangun dan dapat memperkecil adanya kesalahan sehingga mampu menghasilkan suatu model yang sama dengan aslinya.
  3. Bidang Pendidikan
    Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software lainnya. Objek ini digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami dan menerima semua materi yang diajarkan. Karena disini siswa tidak hanya membaca teks tetapi juga dapat melihat gambar atau grafik.
 Pengolahan citra adalah salah satu cabang dari ilmu informatika. Pengolahan citra berkutat pada usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu.
Beberapa pemanfaatan pengolahan citra dalam kehidupan sehari-hari yaitu :
  1. Bidang Kedokteran
    Salah satu pemanfaatan di bidang kedokteran yang paling terkenal tentang pemanfaatan grafik komputer dan pengolahan citra adalah foto rontgen yang menggunaka sinar rontgen atau sinar X yang sangat membantu pekerjaan seorang dokter dalam mendiagnosa penyakit yang ada didalam tubuh manusia.
  2. BidangVisual
    Pada bisang ini biasanya digunakan untuk pemotretan lewat satelit, GPS, foto kamera dan lain sebagainya.
  3. Bidang Perdagangan
    Pada bidang ini digunakan untuk pembacaan kode batang (bar code) yang tertera pada barang. Pada umumnya digunakan di pasar swalayan/supermarket.

Sumber :
- http://nzsha1104.wordpress.com/2011/10/08/grafik-komp-pengolahan-citra-dalam-kehidupan-sehari-hari/
- http://rianfirmansyah.blogspot.com/2011/10/grafik-komputer-adalah-salah-satu.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar