Sabtu, 16 Maret 2013

Pengalaman Membuat Sistem Informasi



Hallo para pembaca setia, ketemu lagi nih sama saya. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam membuat suatu sistem informasi. Sistem informasi yang saya buat waktu itu adalah pembuatan website E-learning yang merupakan tugas dari matakuliah “Interaksi Manusia dan Komputer”. Tugas tersebut dikerjakan secara kelompok, karna jika masing-masing mungkin lebih sulit menyelesaikannya.hehhe

Awalnya kelompok saya bingung waktu disuruh ngumpulin judul website yang akan dibuat, tapi akhirnya kami memutuskan membuat website untuk media belajar bagi anak-anak, yaitu belajar matematika dasar yang berisi penjumlahan dan pengurangan.

Selain bingung menentukan judul, kelompok saya juga bingung ingin membuat website menggunakan software atau program apa. Awalnya kita mencoba membuat menggunakan Macromedia Dreamweaver, namun akhirnya gagal karena terasa rumit, walaupun kami sudah memiliki template untuk website tersebut. Dan akhirnya kami membuat website menggunakan Wix.com, yang merupakan media pembuatan website secara online.

Waktu itu kelompok saya sangat santai sekali mengerjakan tugas tersebut, dan terasa tidak perduli sama sekali jika tugas itu penting. Sampai akhirnya setelah tinggal beberapa hari untuk ngumpulin tugas, kelompok saya pun langsung kerja keras banting tulang (berasa kaya kuli bangunan aja.hehhe).

Karena pembuatan websitenya secara online, jadi harus membutuhkan modem untuk mengerjakannya. Tapi, pada saat pengerjaan modem pun tidak bersahabat sehingga susunan kalimat yang telah dibuat pun harus hilang sebelum di save karna koneksi internet yang terputus. Padahal waktu pengumpulan tinggal beberapa jam lagi, sampai akhirnya kami menyelesaikan website tersebut sampai jam 3 pagi. Kami mengerjakan di rumah masing-masing, dengan pembagian tugas yang berbeda-beda, dan tugas dari masing-masing anggota kelompok yang sudah jadi, dikirim melalui email ke salah satu anggota untuk dimasukkan kedalam website.

Akhirnya tugas itu pun selesai dalam waktu singkat, namun lumayan sempurna, karna menurut teman-teman yang melihat website yang kami buat itu bagus dan berwarna, padahal menurut kami sebagai pembuat, website tersebut tidak begitu bagus...karna isinya yang masih standar namun template gabungan warnanya dan gambarnya saja yang membuat menarik.

Itu dia cerita pengalaman ku dalam pembuatan sistem informasi berupa website. Pengalamannya terlihat rumit, karna terlalu bermalas-malasan mengerjakannya, dan sangat plin-plan dalam memilih software atau program yang akan digunakan, sehingga memperlambat pembuatan website. Hehhe.

Buat pembaca jangan dicontoh yaaa pengalaman kami dalam pembuatan website dikelompok ini :D hihhi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar