Minggu, 10 Maret 2013

Jaringan Komputer

Gambar wired LAN, wireless LAN, Ad-Hoc Mode, dan Infrastruktur Mode



Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang terhubung oleh saluran komunikasi yang mengizinkan pertukaran data. Berdasarkan media transmisi data atau koneksinya, jaringan komputer terbagi menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut:

1. Wired LAN
Wired LAN  ialah pendistribusian informasi melalui kawat, yang menggunakan kabel sebagai media penghubung. Singkatnya perangkat tersebut dapat dilihat dan diraba, maka dari itu disebut juga telekomunikasi fisik.



2. Wireless LAN

Wireless LAN adalah kebalikan dari wired, tidak bisa dilihat, yaitu melalui gelombang. Jaringan nirkabel ini merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Data-data digital yang dikirim melalui wireless akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik. Media wireless yang umum digunakan adalah dengan menggunakan gelombang radio yang di set untuk bekerja di bidang frekwensi tertentu sesuai dengan standar.

 

Selain ittu prangkat di dalam jaringan nirkabel juga diatur dengan sedemikian rupa agar dapat terkoneksi secara langsung dalam suatu tempat yang spesifik, atau secara langsung antara satu dengan yang lainnya. Yang pertama adalah Infrastructure mode dan yang lainnya disebut dengan Ad-Hoc mode (peer-to-peer connection). Anda bisa saja memilih salah satu diantaranya, namun pengaturan yang dipakai harus sama dengan perangkat yang digunakan antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah perbedaannya:

1. Ad-Hoc Mode
Ad-hoc adalah sistem peer to peer. Artinya sebuah komputer dihubungkan dengan sebuah komputer lainnya agar saling mengenal SSID (Service Set Identifier). Jika digambarkan, sistem ini hampir serupa dengan sistem direct connection. Perbedaanya, sistem direct connection masih menggunakan kabel UTP crossover atau kabel USB.


2. Infrastruktur Mode

Infrastruktur adalah hubungan antar-PC yang menggunakan suatu alat yang bernama Access Point sebagai media penghubung dalam satu area tertentu (coverage). Access point dapat dianalogikan dengan hub pada jaringan kabel.




Jadi, pada Ad-hoc tidak menggunakan access point sebagai media penghubungnya, sedangkan pada infrastruktur menggunakan access point sebagai media penghubungnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar